Kamis, 23 Juni 2016

Daerah Ku

Banjarmasin, terletak di provinsi Kalimantan Selatan. Memiliki julukan kota seribu sungai. Bermaskot bekantan. Di banjarmasin mayoritas suku banjar dan suku dayak. Banjarmasin memiliki budaya yang sangat banyak. Salah satu yang terkenal adalah madihin.

Madihin adalah seni berpantun dengan syair. Dalam membawakan madihin harus menggunakan rebana sebagai pengiringnya. Madihin berisi nasihat dan diselipi dengan candaan atau cerita lucu. Pemadihin (pemain madihin) yang ternama di Banjarmasin adalah Jhon Tralala.

Banjarmasin memikiki makanan yang terkenal dan sering dicari yaitu soto banjar. Banyak orang luar kota jika berkunjung ke Banjarmasin mencari soto banjar ini sebagai tujuan utama. Warung soto banjar yang sering ramai dikunjungi para artis adalah soto bawah jembatan. Di sana kita bisa menikmati soto banjar diiringi alunan musik panting serta pemandangan sungai.

Seperti yang saya tulis di paragraf pertama, Banjarmasin bermaskot bekantan. Bekantan sangat identik dengan Banjarmasin. Banjarmasin memiliki sebuah patung bekantan yang terletak di tengah kota. Baru diresmikan akhir tahun 2015. Di sisi kiri dan kanan patung bekantan terdapat lapangan basket yang sering digunakan para anak muda untuk latihan basket.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar